FILOSOFI PENDIDIKAN INDONESIA TOPIK 4 T4.4. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

 

Nama               : Vannesa Almayra Nugroho

Nim                 : 24402400744

Program Studi : PPG Bagi Calon Guru (PGSD)

Rombel            : C

Mata Kuliah    : Filosofi Pendidikan Indonesia

 


TOPIK 4

T4.4. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Lembar Kerja 4.2

 

JUDUL

DESKRIPSI

KONTEKSTUALISASI PANCASILA SEBAGAI ENTITAS DAN IDENTITAS BANGSA

Pancasila Sebagai Entitas Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara bangsa Indonesia yang di dalamnya terdapat nilai yang berbeda dari bangsa lain dimana Pancasila dapat menyatukan segala elemen bangsa Indonesia yang majemuk (berbeda-beda).

 

Pancasila Sebagai Identitas Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila memiliki kedudukan tertinggi sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia (sumber hukum Indonesia).

 

Pendidikan Abad 21

Pendidikan Abad 21 yang berfokus agar menghasilkan output Sumber Daya Manusia yang memiliki ketrampilan Abad 21 terdiri dari berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi

 

 

Profil Pelajar Pancasila

Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya. Dimensi ini antara lain: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya, pendidikan yang berpihak kepada peserta didik dalam konteks Pancasila sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila. Pendidikan abad ke-21 perlu memprioritaskan pengembangan Profil Pelajar Pancasila, sehingga siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan kritis, kreatif, dan berkarakter yang siap menghadapi tantangan global, sambil tetap menjunjung tinggi persatuan, kemanusiaan, dan keberagaman. Dengan demikian, pendidikan yang berpusat pada siswa mampu menciptakan individu yang berdaya saing, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

 

Link Podcast: https://drive.google.com/file/d/1u9yTuuPP5wwvddHl4kBhcGmfzV454yy7/view?usp=drive_link

Post a Comment

0 Comments