Nama : Vannesa Almayra Nugroho
Nim : 24402400744
Program Studi : PPG Bagi Calon Guru (PGSD)
Rombel : C
Mata Kuliah : Filosofi Pendidikan Indonesia
TOPIK 4
T4.4. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
Lembar Kerja 4.2
JUDUL |
DESKRIPSI |
KONTEKSTUALISASI PANCASILA SEBAGAI ENTITAS DAN IDENTITAS BANGSA |
Pancasila Sebagai Entitas Bangsa Indonesia Pancasila sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara bangsa Indonesia yang di dalamnya terdapat nilai yang berbeda dari bangsa lain dimana Pancasila dapat menyatukan segala elemen bangsa Indonesia yang majemuk (berbeda-beda).
Pancasila Sebagai Identitas Bangsa Indonesia Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila memiliki kedudukan tertinggi sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia (sumber hukum Indonesia).
Pendidikan Abad 21 Pendidikan Abad 21 yang berfokus agar menghasilkan output Sumber Daya Manusia yang memiliki ketrampilan Abad 21 terdiri dari berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi
Profil Pelajar Pancasila Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya. Dimensi ini antara lain: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.
Kesimpulan Kesimpulannya, pendidikan yang berpihak kepada peserta didik dalam konteks Pancasila sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila. Pendidikan abad ke-21 perlu memprioritaskan pengembangan Profil Pelajar Pancasila, sehingga siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan kritis, kreatif, dan berkarakter yang siap menghadapi tantangan global, sambil tetap menjunjung tinggi persatuan, kemanusiaan, dan keberagaman. Dengan demikian, pendidikan yang berpusat pada siswa mampu menciptakan individu yang berdaya saing, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. |
Link Podcast: https://drive.google.com/file/d/1u9yTuuPP5wwvddHl4kBhcGmfzV454yy7/view?usp=drive_link
0 Comments